Sabtu, 03 Desember 2011

Orang yang Bertangan KIDAL Cendrung Lebih Cerdas dan Mempunyai Daya Ingat Kuat



PSPD Unimal, Lhokseumwe - Aceh Utara
1 Desember 2011 - Sebuah Penelitian Kecil Pertama dari saya, yang bertemakan : "Kidal dapt menyeimbangi fungsi otak"

Latar Belakang Masalah :

siapa bilang tangan kidal tangan jelek, kebanyakan orang2 besar menggunakan tangan kiri dalam kesehariannya. Hari kidal sedunia juga diperingati pada setiap tanggal 13 Agustus.
Rumusan Masalah :
Yang paling utama, bagi orang yang kidal menggunakan otak sebelah kanan yg jarang di gunakan, itu sebabnya kebanyakn orang2 bertangan kidal biasanya lebih "CERDAS" , karena kerja otaknya seimbang antara otak kanan dan kiri.
Tujuan dan Manfaat :
1. Agar orang tua dan para pendidik tidak memaksakan anaknya Untuk tidak menggunakan tangan kidal, apalagi pada kebiasaan saat menulis kidal.
2. Meningkatkan kecerdasan dengan cara menyeimbangkan cara kerja antara otak kanan dan otak kiri.
3. Orang yang bertangan Kidal biasanya juga ahli dalam bidang gambar, seni, ide yang kreatif, dan orangnya juga easy going.
Kebanyakan dari mereka yang Kidal :
a. Biasanya semua anak kecil sudah ada nalurinya menggunakan Kidal.

b. Sebenarnya setiap anak sejak kecil berpeluang menjadi kidal.
c. Bisa membaca terbalik dari kanan ke kiri atau terbaik.
d. Kemampuan beradaptasi
e. Dibandingkan dengan kalangan umum, tangan kidal lebih sering muncul di kalangan kembar identik
f. Kidal sering ditemukan pada kelompok orang yang mengalami gangguan neurologis (syaraf), seperti penderita down syndrome, epilepsy, autisme, retardasi mental
Sasaran :
Para Pelajar / mahasiswa :
Agar membiasakan menggunakan tangan kirinya, seperti; Menulis, melempar bola, malakukan hal2 yang dianggap sopan, tentu saja kita liat dulu saat2 dimana tangan kiri ini baik digunakan. Jangan sampai saat makan atau bersalaman dengan seseorang menggunakan tangan kidal, tetapi gunakanlah tangan kanan, agar terlihat sopan.
Orang tua / Para pendidik :
orang tua, atau para pendidik disini katakan sajalah seorang guru, jangan sesekali memarahi anak yang menggunakan tangan kidalnya saat menulis, karena itu akan membuat si anak tidak percayadiri, gagap berbicara, bahkan juga dapat menyebabkan dyslexia .
Metode Penelitian :
Penelitian ini dilakaukan dengan mengumpulkan data dari berbagai daerah, contohnya disini saya mengambil sample dari pulau Sumatra, seperti ; Nagro Aceh Darussalam, Sumatra Utara, RIAU, Sumatra barat, hingga daerah Jambi seterusnya. Disini teman-teman saya di Kedokteran Universitas Malikussaleh yang dari berbagai daerah mendata teman2 mereka yang menggunakan tangan kidal di kelasnya, mulai dari teman SD hingga perguruan tinggi.
Tinjauan :
ini terbukti pada orang-orang yang berpengaruh di dunia, seperti :
ILMUAN :
Albert Einstein, Sir Issac Newton, Benjamin Franklin, Marie Curie, Galileo Galilei, Aristoteles
POLITISI :
Barack Obama, John F. Kennedy, Bill Clinton, George W Bush, Barrack Obama, Mahatma Gandhi, Adolf Hitler, Julius Caesar, Napoleon Bonaparte, John Kerr, Ronald Reagan, H Ross Perot, Hugo Chavez
TEKNOLOGI :
Bill Gates, Steve Jobs, Steve Wozniak, Henry Ford
SENI dan SASTRA :
JK Rowling, Pablo Piccaso, Leonardo Da Vinci, Ludwig Van Beethoven, Wolfgang Amadeus Mozart, Charlie Chaplin, Ricky Martin, David Bowie, Osmonds, Paul McCartney, Michaelangelo Buonarroti, George Michael, Phil Collins, Kurt Cobain, Jimi Hendrix, Oprah Winfrey, Eminem, Bob Dylan, Rembrandt Van Rijn
AKTOR/AKTRIS :
Jastin Bieber, Woddy Allen, Dan Aykroyd, Matthew Broderick, Ryan O’Neal, Anthony Perkins, Mark Wahlberg, Pierce Brosnan, George Burns, Drew Carey, Robert Redford, Dennis Quaid, Brad Pitt, Matt Dillon, Laurence Fishburne, Morgan Freeman, Keanu Reeves, Kurt Russell, Greta Garbo, Jim Henson, Hugh Jackman, David Spade, Jodie Sweetin, Angelina Jolie, Nicole Kidman, Ray Liotta, Chris Tucker, Shannon Tweed
OLAHRAGA :
Ryan Giggs, Diego Maradona, Rafael Nadal, Roberto Carlos, John Barnes, Sir Clive Woodward, Mark Spitz, Gary Kasparov, dll

Tabel Peneliitian :
Daftar Tabel dari Mereka Yang Bertangan Kidal
Nama
Jenis Kelamin
Pendidikan
Peringkat 10 Besar di Kelas
Lokasi
Akbar
Lk
SMA
-
Padang
Ayu
PR
SMP
+
Painan
Fadillah
PR
SMA
-
Medan
Fatimah
PR
SMP
+
Jambi
Fina
PR
SD
+
Padang
Gening
PR
SMA
+
Painan
Nanda
LK
SD
-
Sidempuan
Nike
PR
SMP
+
Perawang
Nuri
PR
SMP
+
Medan
Rahayu
PR
SMP
-
Pekanbaru
Taufik
LK
SMA
-
Pekanbaru
Viqhi
LK
SD
+
Pekanbaru
Yahya
LK
SMP
+
Pekanbaru
Yopi
PR
SMA
+
Padang
Yudia
PR
SMA
+
Medan
Terimakasih atas kerjasamanya dalama penelitian kecil ini, Kepada Teman Saya :
Debby , Dani, Nadia, Lisa, Della, Azzizah Malik, Lailatul Azizah, Ayu, Sari, dan teman2 yang lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.
Kesimpulan :
Rata-rata sepuluh dari limabelas mereka yang bertangan kidal memiliki peringkat kelas yang baik, bahkan menjuarai beberapa olympiade. Hal ini membuktikan bahwa adanya keseimbangan antara kerja otak kanan dan kiri, karena saat menggunakan tangan kidal itu berarti seseorang itu menggunakan otak kananya yang jarang digunakan dibandingkan dengan otak kiri mereka yang selalu berhadapan dengan hitungan dan hafalan.


Penelitian Kecil OLEH : Monica Dwi Jalma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

\Welcome to My Blog/